Jenis dan Cara Menanam Bunga Anggrek Bagi Pemula

Tidak ada yang memungkiri jika bunga anggrek merupakan salah satu jenis bunga yang banyak diminati, selain itu keindahan dari bunga ini dapat dilihat dari macam-macam warnanya. Sehingga dengan menjadi tanaman berwarna indah ini dapat memikat hati beberapa penggemar bunga, jika anda sering menemukan jenis-jenis bunga ini maka ada baiknya untuk mengetahui ciri serta cara untuk membudidayakannya.

Jenis Bunga Anggrek

Anggrek Bulan

Bunga Anggrek bulan

Bunga ini memang merupakan jenis yang sangat populer, sering dijadikan sebagai lirik lagu bahkan paling banyak dibudidayakan oleh beberapa orang. Kepopulerannya hampir sama seperti anggrek vanda, dimana merupakan salah satu bagian dari bunga berjenis anggrek yang paling diminati, dengan ciri-ciri yang khas mirip seperti rembulan di malam hari sebagai alasan dari diberikannya nama bulan pada anggrek ini.

Anggrek kasut kumis

anggrek kasut kumis

Mungkin anda sering kali menemukan gambar anggrek kasut kumis pada beberapa lukisan, dimana memiliki ciri khas tersendiri pada bunganya. Akan tetapi hal inilah yang membuat anggrek jenis ini semakin laris untuk diminati pecinta bunga, nama dari anggrek ini memang memiliki pengertian yang signifikan dengan bentuk bunganya yang berbulu juga seperti kantong dengan memiliki warna dominan ungu.

Anggrek kebutan

Anggrek Kebutan

Mungkin anda telah sering mendengar nama bunga anggrek yang populer seperti cattleya, akan tetapi ada nama anggrek lainnya yang juga langka. Jenis anggrek kebutan merupakan salah satu anggrek yang sangat cantik budidaya anggrek jenis ini juga masih sangat langka, bahkan bisa dibilang jika anggrek ini dilinduni oleh negera, tidak heran juga jika harga dari anggrek ini memang cukup mahal untuk dibeli.

Anggrek sendok

anggrek sendok

Nama-nama anggrek memang terkesan unik dengan beberapa nama yang familiar untuk didengar, salah satu nama anggrek yang unik adalah bunga anggrek sendok. Dengan menjadi salah satu bunga yang cantik, ternyata anggrek yang satu ini juga merupakan bunga yang paling banyak diminati, cara merawat bunga ini juga cukup mudah dengan warna kuningnya yang khas pada bunga ditambah dengan polesan putihnya.

Anggrek bulan bintang

anggrek bulan bintang

Lima buah kelopak pada bunganya membuat anggrek ini menjadi semakin menawan, banyak digunakan pada beberapa foto dari tumbuhan dan hiasan bunga. Ternyata tanaman ini juga tidak pernah sulit dengan cara budidaya yang mudah, sehingga tidak pernah mengurangi minat dari para pecinta bunga anggrek ini untuk membudidayakan bunga yang terkesan langka ini agar tetap terjaga kelestariannya hingga kini.

Baca juga: Tanaman Hias Bunga Dengan Aneka Ragam Bunga Cantik

Cara Menanam Bunga Anggrek

Tentunya melakukan budidaya tanaman anggrek memang membutuhkan media tanam yang signifikan, juga cara menanam yang berbeda dengan bunga jenis lainnya. Saat ini mungkin anda seringkali menjumpai tanaman anggrek tebu atau anggrek lain yang banyak dibudidayakan, berikut cara simple untuk membudidayakannya.

  • Ketika anda akan menanam anggrek khususnya menggunakan pot, pastikan jika pot yang digunakan sudah bersih tanpa jamur.
  • Letakan kawat penyangga pada bagian bawah pot, agar bunga dapat berdiri dengan tegak.
  • Gunakan tanah yang subur sebelum menyebar bibit anggrek.
  • Ikat bibit pada kawat, dengan tujuan agar mendapatkan manfaat dari penggunaan kawat yang membuat tanaman berdiri tegak sehingga bunganya nampak cantik ketika dipandang.

Seringkali beberapa orang berminat untuk merawat bunga anggrek, akan tetapi tidak mengetahui jenis mana yang memang langka juga harus dirawat dengan baik. Jika saja anda salah untuk melakukan perawatannya biasanya akan membuat hasil yang dihasilkan dari budidayanya menjadi tidak sempurna, hal ini juga dapat mempengaruhi kesan cantik pada bunga yang anda budidayakan.

0

Leave a Reply