2+ Jenis Bunga Kamboja & Cara Menanam Serta Merawatnya

Tidak banyak yang tahu jika bunga kamboja memiliki ciri ciri yang berbeda pada setiap jenisnya, bahkan warnanya pun beragam dimulai dari putih hingga merah. Mungkin anda sering kali menjumpai bunga ini, baik secara langsung ataupun dengan media gambar dalam bentuk vector atau png sehingga membuat bunga yang satu ini menjadi semakin terkenal, bahkan banyak dibudidayakan pada beberapa daerah.

Jenis Bunga Kamboja

Adenium obesum

Adenium obesum

Jenis kamboja ini banyak dibudidaya dengan cara bonsai, banyak sekali ditemukan pada beberapa wilayah di Indonesia seperti Bali. Saat ini bunga stock night scented ini dapat ditemukan di beberapa negara seperti Afrika dan Indonesia, sedangkan di Indonesia sendiri bunga ini memiliki ciri-ciri yang tumbuh berkisar 10-12 meter tingginya, dengan campuran warna putih dan merah muda pada bunganya.

Karena sering tumbuh di Indonesia, membuat tanaman kamboja yang satu ini semakin mudah untuk di temukan pada beberapa wilayah seperti daerah yang banyak memanfaatkan penggunaan kamboja ini. Mungkin untuk anda yang ingin melihat keindahan dari bunga ini, atau mungkin ingin merasakan wangi yang dihasilkannya, anda bisa mendatangi beberapa daerah di Indonesia seperti Bali.

Adenium multiflorum

Adenium multiflorum

Bunga kamboja jenis selanjutnya adalah dengan nama latin adenium multiflorum, sebagai salah satu kamboja yang unik dengan mamu bertahan pada lingkungan yang cuacanya dingin juga kering. Mungkin anda juga dapat menemukannya pada beberapa negara seperti Jepang, waranya memang terbilang unik sehingga menjadikannya sebagai bunga terindah jika dapat merawat dengan baik agar berbunga.

Baca juga: Tanaman Hias Bunga Dengan Aneka Ragam Bunga Cantik

Cara Menanam Bunga Kamboja

Untuk sebagian orang menanam bunga kamboja memang memiliki manfaat tersendiri, terutama bagi masyarakat Bali di Indonesia yang menanam bunga ini untuk dimanfaatkan dalam upacara agama atau adat. Biasanya beberapa orang banyak memberikan klasifikasi terkait keindahan bunga kamboja ini, cara menanam dengan berbagai cara baik dengan menyambung atau menanam bibit secara langsung.

  • Untuk menanam pohon ini, anda haruslah memperhatikan kesuburan tanah di lingkungan sekitar baik kesuburan juga PH dari tanahnya. Hal ini dapat mempengaruhi keberhasilan anda untuk menanam bunga ini, sehingga dapat menghasilkan bunga yang indah agar dapat bermekaran, serta menghiasi pekarangan anda.
  • Saat ini untuk anda yang ingin menanam bunga indah ini, maka anda harus memperhatikan pertumbuhan akar kamboja ini. Tentunya suhu dari lingkungan sekitar juga mempengaruhi kesuburan tanahnya, selain dari penggunaan pupuk pada pohonnya.
  • Jangan sampai suhu lingkungan mencapai kurang dari 13 derajat celsius
  • Jangan memilih lokasi yang tertutup, sehingga jauh dari jangkauan sinar matahari. Hal ini hanya akan menghambat pertumbuhan dari pohon ini, sehingga nantinya terkadang bunga dari kamboja tidak akan tumbuh dengan subur.
  • Carilah lokasi yang tidak terdapat beton pada bagian bawah atau lingkungan sekitarnya. Misalkan anda akan memilih lokasi yang tanahnya subur tanpa ada beberapa penghalang seperti penggunaan beton di sekitaran tanaman tersebut.
  • Jangan lupa untuk dengan rajin menyirami pohon agar bunga yang ditanam dapat tumbuh dengan subur, yang nantinya akan menhiasi taman rumah anda agar selalu indah dipandang ketika merawatnya dengan rajin.

Penanaman bunga kamboja memang dapat dilakukan dimanapun, selagi tanah yang digunakan atau media tanamnya cukup memadai. Tentunya hal ini akan memerlukan banyak sekali pengetahuan tentang cara menanam dari pohon ini, kebanyakan orang akan menanam bunga ini di dalam pot atau beberapa lahan tanah yang luas, sehingga cara penanamannya pun akan berbeda antara cara satu dan lainnya.

0

Leave a Reply