5+ Jenis dan Cara Mudah Menanam Bunga Melati

Sebagai salah satu jenis bunga paling favorit, ternyata hingga saat ini bunga melati memiliki banyak manfaat dalam kehidupan manusia. Banyak sekali digunakan pada beberapa perasa makanan atau sebagai salah satu bahan wewangian, membuat tanaman indah ini semakin banyak dicari yang membuat namanya menjadi semakin populer, dengan jenisnya yang beragam juga dengan ciri khasnya tersendiri.

Jenis Bunga Melati

Jasminum Olengatum

Jasminum Olengatum

Jenis melati ini memang tumbuh dengan liar di beberapa hutan, untuk anda yang ingin membudidayakannya ternyata bunga ini memiliki ciri-ciri cantik pada bunganya. Pohon bunga melati ini dapat tumbuh berkisar 1 sampai 7 meter, dengan daunnya yang berbentuk oval juga warnanya yang putih ternyata mampu menambah kesan cantik pada bunga ini, sehingga banyak dibudidayakan hingga kini.

Melati mensyi

melati mensyi

Jenis-jenis bunga melati memang berbeda antara satu dengan yang lainnya, tentunya mungkin anda sering menemukan beberapa gambar bunga melati, dengan warna atau bentuk daun yang berbeda. Untuk jenis yang satu ini memiliki warna kuning pada bunganya, juga hanya dapat tumbuh berkisar 3 meter saja tidak terlalu tinggi dan juga pendek, wanginya akan tercium pada musim semi dan juga musim panas.

Jasmine multiflorum

Jasmine multiflorum

Bunga melati ini memiliki macam-macam sebutan yang khas pada beberapa negara bagian tertentu, dengan makna yang berbeda-beda membuatnya menjadi semakin unik. Seperti di India misalnya, bunga ini memang seringkali dibudiayakan dengan sangat baik, karena sering digunakan pada acara tertentu yang membutuhkan media bunga ini seperti acara pernikahan, dengan wanginya yang khas.

Melati casablanca

Melati casablanca

Merupakan salah satu bunga khas dari negara Pakistan, ternyata mampu membuat bunga ini memiliki harga yang lumayan tinggi. Selain di negara timur sana, ternyata bunga ini dapat tumbuh di beberapa negara eropa seperti Spanyol yang menjadi bagian dari nama bunga ini, budidaya tanaman ini memiliki banyak keuntungan bagi anda, terutama dengan harganya yang tinggi karena banyak dicari.

Jasmine parkeri

Jasmine parkeri

Untuk anda yang ingin mencari melati yang memiliki cara merawat dengan mudah, maka jenis yang satu ini bisa anda jadikan sebagai referensi untuk membudidayakannya. Tentunya bunga ini sangat unik dengan hanya dapat tumbuh sekitar 1 kaki saja, selain itu bunga dari tanaman ini memiliki warna kuning yang khas, tentunya aroma dari bunga ini juga akan berbeda dengan melati pada umumnya yang juga sangat khas.

Baca juga: Tanaman Hias Bunga Dengan Aneka Ragam Bunga Cantik

Cara Menanam Bunga Melati

Beberapa orang berfikir jika ingin menanam bunga melati membutuhkan waktu serta cara menanam yang rumit, padahal semuanya tidaklah demikian jika anda memang mempelajarinya terlebih dahulu. Ada beberapa manfaat dari menanam bunga ini dipekarangan rumah anda, dengan memiliki jenis tanaman bunga yang indah pada warnanya juga dengan keharuman yang khas pada kebun atau taman anda.

  • Carilah bibit melati sesuai dengan kebutuhan anda, misalkan ada beberapa spesies melati yang memiliki ciri khas tersendiri untuk tumbuhnya. Anda dapat memilih bunga yang tumbuh dengan cara merambat atau tidak.
  • Carilah tempat yang cocok untuk melati anda, seperti mencari beberapa tempat yang mudah untuk terkena sinar matahari.
  • Cobalah untuk menemukan lokasi tanah yang subur, sehingga melati dapat tumbuh dengan indah selain daripada mengandalkan cahaya matahari.

Memiliki banyak khasiat ternyata membudidayakan bunga melati memiliki keuntungan tersendiri, dengan menjadi salah satu bunga yang dapat membuat pekarangan anda menjadi lebih indah. Tentunya anda tidak perlu lagi untuk mencari beberapa tanaman, yang belum tentu cara membudidayakannya cukup mudah untuk dilakukan seperti bunga yang satu ini.

 

0

Leave a Reply