Mudah! Cara Menanam Bunga Sedap Malam dan Jenisnya

Mencari sebuah pohon yang unik tentunya tidaklah sulit untuk dilakukan, seperti ketika anda mencari bunga sedap malam yang akan wangi pada malam hari. Budidaya bunga ini ternyata semakin banyak dilakukan oleh beberapa orang, dengan hasil yang beragam sehingga harga yang ditawarkan pun bermacam-macam, bunga ini memiliki arti bahwa bunganya akan selalu wangi pada malam hari.

Jenis Bunga Sedap Malam

Stock night scented

Stock night scented

Untuk anda yang ingin merawat bunga yang satu ini anda dapat menggunakan jenis ini, dengan bentuk bunga yang mungil serta kecil ini membuatnya semakin banyak diminati. Tumbuh dengan rimbun pada tangkainya yang cukup tipis, bunga ini mampu memikat hati dengan memiliki warna merah muda dengan ciri ciri yang sangat indah, mampu mengeluarkan aroma krim vanila pada malam atau sore hari.

Arum dalu

Arum dalu

Sering terlihat pada beberapa gambar, membuat bunga sedap malam jenis arum dalu ini semakin banyak diminati oleh para pecinta tanaman. Memiliki makna keindahan yang sangat dalam, serta manfaatnya untuk menghasilkan aroma wangi pada malam hari, dimana aromanya sudah dapat tercium dimalam hari dari mulai radius 10 meter, dengan kelebihannya ini membuat harga jualnya pun semakin meningkat.

Cara Menanam Bunga Sedap Malam

Tanaman ini memang merupakan salah satu jenis bunga yang memiliki keunggulan, sebagai salah satu bunga yang memikat hati karena mampu memunculkan aroma wangi pada malam hari. Saat ini mungkin anda sedang mencari bibit dari bunga ini, akan tetapi anda juga harus memperhatikan kembali cara penanaman yang baik dan benar, sehingga bunganya tidak akan kering dan selalu tumbuh subur.

  • Ketika anda akan menanam bunga sedap malam, jangan lupa untuk mencari bibit sesuai dengan yang anda butuhkan atau anda harapkan. Tentunya bibit yang sudah berumbi akan membantu anda, dalam mempermudah proses budidaya sehingga tidak memerlukan waktu yang lama lagi.
  • Setelah anda memastikan jika bibit yang anda butuhkan sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah dalam melakukan pemilihan pot yang cocok untuk menanam. Biasanya pot yang digunakan adalah jenis pot Polybag, dimana anda sudah membolongi beberapa bagian dari pot tersebut yang dapat mempermudah proses drainase pada sistem perairan didalam pot.
  • Gunakanlah campuran tanah, arang sekam, serta pupuk untuk dijadikan sebagai media penanaman. Biasanya perbandingan yang diberikan berkisar antara 1:1 sebagai isian pada polybag anda nantinya.
  • Jangan lupa untuk melakukan pelobangan yang akan ditanami oleh bibitnya, biasanya beberapa orang akan melakukan penggalian pada lobang di dalam polybag sedalam 5cm sebelum menanami bibit yang sudah disiapkan.
  • Masukan bibit bunga kedalam tanah yang sudah dibolongi tersebut, jangan lupa untuk menutupnya kembali dengan tanah pada bagian atasnya, agar bunga atau bibit dapat tumbuh dengan baik nantinya.
  • Padatkan kembali tanah pada pot kemudian jangan lupa siramlah dengan air.
  • Tahap selanjutnya adalah mencari sebuah ruangan yang memungkinkan, jika tanaman tersebut mampu terjangkau oleh sinar matahari. Sebagai tanaman yang pastinya akan membutuhkan banyak sinar matahari.
  • Rajinlah menyiram setidaknya dua kali sehari, kemudian lakukan pemupukan ulang pada usia 6 bulan.

Banyak orang yang melakukan proses budidaya bunga sedap malam, yang sampai saat ini menjadi bunga dengan banyak peminat bahkan sampai mempengaruhi harga jualnya. Jika anda merupakan salah satu penggemarnya, mungkin anda dapat melakukan budidaya dirumah dengan beberapa cara yang diberikan diatas, sehingga anda dapat memiliki bunga dengan wangi yang harum di setiap malam ini.

0

Leave a Reply