10+ Cara Menanam Anggrek Hidroponik Termudah!

anggrek hidroponik

Trend membuat anggrek hidroponik saat ini sudah banyak dilakukan oleh beberapa orang, sebagai salah satu tips untuk anda yang memiliki kebun sempit akan tetapi ingin menanam beberapa jenis tumbuhan. dengan cara budidaya yang mudah, membuat beberapa orang tergiur untuk menanam jenis tanaman yang indah untuk dipandang ini, hanya dengan menggunakan bahan atau alat yang seadanya saja.

Tanaman Anggrek Hidroponik

Ketika anda bertanam menggunakan cara anggrek hidroponik, maka anda akan membutuhkan media tanam yang sesuai dengan cara hidroponik ini. Biasanya beberapa orang akan menggunakan berbagai cara untuk menanamnya, biasanya media tanam yang digunakan adalah pipa paralon, polybag, dan beberapa media lainnya, yang memungkinkan untuk dijadikan sebagai media tanam bunga anggrek ini.

Dalam melakukan penanamannya bunga anggrek memang akan membutuhkan perhatian ekstra, sehingga dapat membuat bunganya tumbuh dengan indah dan juga subur. Jika anda baru pertama kali melakukan penanaman anggrek dengan cara hidroponik, maka saran untuk anda adalah menggunakan media penanaman yang mudah juga simple, seperti penggunaan polybag untuk menanam anggrek anda.

Hampir semua jenis anggrek dapat ditanam menggunakan cara hidroponik, beberapa jenis anggrek seperti anggrek bulan dan anggrek lainnya, dapat bertahan dengan sistem penanaman hidroponik ini. Dimana saat ini anda hanya membutuhkan beberapa informasi mengenai bibit, yang secara tidak langsung indah atau cocok di tanam di perkebunan anda, sehingga tidak membuat anda menyesal ketika menanamnya.

Cara Menanam Anggrek Hidroponik

  • Untuk yang pertama adalah anda diharuskan menyiapkan sebuah polybag yang masih utuh, usahakan tidak menggunakan polybag bekas terutama ketika polybag tersebut bekas dari tumbuhan lain.
  • Setelah memastikan adanya polybag yang akan anda pakai, maka langkah selanjutnya adalah pemilihan bibit sesuai dengan yang anda inginkan. Biasanya beberapa orang memang akan menggunakan bibit anggrek bulan, yang sampai saat ini terkenal akan keindahan bunganya.
  • Setelah memilih bibit, anda diharuskan melakukan proses penyemaian dengan semua bibit yang sudah dipersiapkan, sehingga nantinya bibit yang telah dipersiapkan dapat ditanam.
  • Untuk melakukan proses penyemaian, anda hanya memerlukan beberapa peralatan seperti kapas yang bisa diguanakan sebagai media tanam bibit.
  • Sebelum menanam ketika bibit sudah siap, pastikan jika anda sudah mempersiapkan isian untuk polybag nantinya, sehingga untuk isian polybag tidak hanya menggunakan tanah atau pasir saja sebagai media tanam yang dapat menumbuhkan anggrek tersebut.
  • Saat ini biasanya pada penanam tumbuhan anggrek hidroponik akan menyiapkan beberapa bahan, salah satunya adalah tanah, pupuk, dan arang sekam. Nantinya campuran ini akan dimasukan pada polybag yang sudah disipakan, sehingga anda hanya perlu memastikan jika campuran yang digunakan sudah sesuai dengan takarannya.
  • Untuk memastikan jika campuran sudah pas, biasanya anda hanya diperlukan untuk mencampurnya 1 banding 1, sehingga komposisi pada isian polybag menjadi lebih pas.
  • Ketika anda sudah menyiapkan semuanya, cobalah untuk membuat lobang sedalam 0.5 centimeter untuk menanam tanaman ini, sehingga akar bibit akan tertutup dengan baik.
  • Pastikan jika anda selalu rajin untuk menyiram tanaman ini, agar dapat selalu tumbuh subur dengan bunga yang indah serta enak untuk dipandang oleh mata di taman atau kebun anda.
  • Untuk menambah perkembangan pada bunga, cobalah untuk memberikan cairan nutrisi, sehingga bunga yang anda tanam dapat dengan cepat untuk bertumbuh subur.

Memperhatikan beberapa langkah yang mudah ketika anda ingin menanam tanaman anggrek hidroponik, maka untuk anda yang sudah berniat untuk menanamnya anda bisa memulainya sedari sekarang. Dengan memulai untuk melakukan hal ini, maka anda dapat dengan mudah menghiasi perkebunan anda bersama dengan bunga angrek yang tumbuh dengan indah.

0

Leave a Reply