9+ Langkah Cara Menanam Bayem Hidroponik Untuk Pemula

bayam hidroponik

Tidak ada yang pernah menyangkal jika sayur bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki rasa nikmat, sehingga membuat beberapa orang ingin melakukan budidaya pada tanaman ini. Dengan demikian ketika membutuhkan tanaman ini akan mudah didapat, atau mungkin anda bisa menjualnya sehingga dapat memberikan keuntungan untuk anda, budidaya bayam hidroponik pun mulai digemari.

Tanaman Bayam Hidroponik

Untuk saat ini ada berbagai jenis bayam yang sering kali dijadikan sebagai tanaman hidroponik, bayam jepang misalnya yang saat ini menjadi bagian dari salah satu jenis bayam paling favorit untuk dijadikan sebagai bayam hidroponik. Tidak seperti yang dibayangkan, jika menanam bayam hidroponik sebenarnya dapat dilakukan dengan cara yang mudah, dimana anda hanya perlu mengumpulkan niat saja.

Menanam bayam hidroponik  ini dapat dilakukan dengan berbagai media tanam, dimana anda hanya perlu memilih media tanam apa yang cocok dengan selera anda. Secara tidak langsung budidaya bayam dapat membuat anda menjadi lebih mudah, ketika membutuhkan konsumsi sayuran terutama ketika anda ingin menjualnya kembali bahkan dengan membuat bayam hidroponik ini akan memiliki harga yang baik.

Pemilihan berbagai alat serta bahan yang digunakan sebagai media tanam hanya akan membutuhkan segala sesuatu yang sederhana, dimana anda hanya perlu melakukannya dalam kurun waktu satu hari saja. Banyak sekali orang yang melakukan penanaman bayam dengan cara hidroponik ini, karena dianggap mudah serta tidak menghabiskan banyak tempat dan tentunya sayuran akan lebih sehat.

Cara Menanam Bayam Hidroponik

  • Langkah pertama dalam penanaman bayam hidroponik adalah, anda diharuskan untuk mempersiapkan bahan serta alat untuk menanam.
  • Yang pertama adalah pada pembahasan kali ini, pipa paralon merupakan alat atau media tanam, meskipun banyak yang mencoba untuk melakukan penanaman dengan media lainnya seperti baskom.
  • Untuk yang pertama kali, anda diharuskan untuk mempersiapkan pipa paralon dengan memotonnya tidak terlalu panjang dan juga pendek, yang berguna untuk menanam sayur bayam ini. Yang kemudian anda diharuskan untuk membuat sebuah bolongan pada pipa paralon tersebut, yang biasanya ukurannya pun tidak terlalu besar.
  • Siapkan juga penutup pipa paralon, sehingga nantinya jalur perairan pada tanaman dapat teratur dengan baik.
  • Jangan lupa untuk memberikan bolongan pada pipa paralon, yang juga jaraknya telah diatur dengan baik. Sehingga bolongan yang telah diatur jaraknya akan membantu anda, agar pertumbuhan bayam yang ditanam dengan cara hidroponik ini semakin tumbuh dengan akar yang tidak bertumpuk.
  • Tentunya menanam bayam akan membutuhkan anda untuk membeli bibit yang dapat digunakan, dalam hal ini anda bisa memilih bibit bayam mana yang akan atau dapat menjadi pilihan anda.
  • Setelah memilih bibit yang sudah siap untuk ditanam, anda diharuskan untuk melakukan proses semai pada bibit tersebut, sehingga bibit yang telah dipersiapkan dapat ditanam dengan baik.
  • Setelah menanam bibit, pastikan jika anda akan selalu dengan rajin menyiramnya setiap hari, jangan lupa juga untuk memberikan cairan nutrisi untuk tanaman bayam anda.
  • Cairan nutrisi yang anda berikan pada bayam akan membantu proses pertumbuhannya, sehingga membuat bayam yang anda tanam dapat tumbuh dengan segar serta subur setiap harinya.

Jika dilihat dari penjelasannya, bahwa menanam bayam hidroponik  tidak membutuhkan tenaga yang banyak, dimana anda hanya perlu untuk memastikan jika semua peralatan sudah disiapkan dengan baik. Selain dari itu kualitas panen bayam akan ditentukan, dengan kerajinan anda dalam memelihara bayam yang anda tanam seperti pemberian cairan nutrisi serta penyiramannya.

0

Leave a Reply