Tips Lengkap Cara Menanam Cabe Hidroponik

cabe hidroponik

Penanaman tumbuhan dengan cara hidroponik sudah banyak dilakukan oleh beberapa orang, dengan banyak keuntungan yang tidak terbayangkan. Keuntungan tersebut dapat dirasakan oleh beberapa orang yang saat ini kekurangan lahan untuk menanam beberapa jenis tumbuhan, dengan cara hidroponik ini ukuran lahan yang kecil akan dengan mudah dimanfaatkan contohnya menanam cabe hidroponik.

Tanaman Cabe Hidroponik

Tanaman cabai merupakan salah satu jenis sayuran yang digunakan pada banyak resep masakan, bahkan sampai saat ini budidaya cabai menjadi semakin banyak dilakukan. Banyaknya sistem tanam pada cabai, memberikan kemudahan bagi beberapa orang untuk menghasilkan panen cabe dengan banyak, salah satunya dengan sistem hidroponik yang saat ini tips menanamnya akan dibahas dengan lengkap.

Jika anda ingin membuat tanaman cabe hidroponik, ada beberapa media yang bisa anda gunakan untuk menanam pohon cabe tersebut. Beberapa orang akan menggunakan beberapa cara seperti menanam dalam botol atau dalam polybag, dimana cara-cara ini cukup sederhana untuk dilakukan terutama ketika anda baru saja mempelajari cara menanam tumbuhan dengan hidroponik termasuk untuk jenis tanaman cabe.

Cara Menanam Cabe Hidroponik

  • Untuk anda yang baru pertama kali menanam menggunaan sistem cabe hidroponik, hal pertama yang harus anda persiapkan terlebih dahulu adalah campuran untuk isian polybag, seperti arang sekam, pasir, kerikir, rockwool atau serbuk kayu.
  • Siapkan pipa plastik untuk melakukan proses penyiraman.
  • Untuk bibit cabe, anda bisa merendam biji cabe menggunakan air hangat kurang lebih selama 3 jam.
  • Campurkan tanah bagian atas dengan beberapa campuran pupuk kandang dan arang sekam, biasanya beberapa orang akan menambahkan campuran dengan perbandingan 1:1.
  • Mulailah untuk memasukan campuran kedalam polybag yang sudah anda persiapkan.
  • Sebelum anda menanam cabe tersebut, cobalah untuk membuat lobang sedalam 0,5 centimeter untuk memasukan biji cabai.
  • Setelah anda membuat lubang tersebut, kemudian masukan biji cabai yang sudah dipilih. Masukanlah 1 biji cabai untuk 1 kantung polybag jangan sampai lebih dari 1 biji.
  • Ketika anda sudah menyiapkan media semai ini, jangan lupa untuk membasahinya agar kelembaban pada polybag akan selalu terjaga.
  • Semua cara ini berlaku untuk segala jenis cabe yang akan anda gunakan termasuk untuk cabe rawit yang sering dijadikan sebagai tanaman hidroponik.
  • Pasang selang pada setiap polybag untuk melakukan proses penyiraman, yang biasanya beberapa orang akan melakukan cara ini dengan sistem sumbu.
  • Jika anda memiliki sebuah larutan yang biasanya digunakan untuk menambahkan nutrisi, anda bisa mencoba untuk menyiramkannya ke bibit cabe yang sudah dimasukan kedalam polybag.
  • Siramlah bibit cabe yang sudah disiapkan kurang lebih lima sampai delapan kali penyiraman dalam satu hari.
  • Untuk anda yang ingin menyiramkan larutan nutrisi ini, anda tidak bisa melakukan penyiraman secara langsung dengan jumlah yang banyak. Penyiraman nutrisi yang bertujuan untuk menyehatkan serta mempercepat pertumbuhan ini, ada baiknya jika dilakukan penyiraman sedikit demi sedikit asalkan polybag dapat terbasahi oleh air nutrisi tersebut.
  • Jika anda ingin menyirami tanaman ini, ada baiknya jika anda menunggu hingga usia tanaman mencapai usia satu minggu, atau biasanya berpatokan pada tinggi pohon yang biasanya mencapai 20 centimeter.
  • Jangan lupa juga untuk dengan rajin melakukan pengecekan pada PH tanah yang digunakan untuk menanam cabe.

Menanam cabe hidroponik ini sudah banyak dilakukan oleh beberapa orang, bahkan banyak diantaranya yang memanfaatkan sistem menanam hidroponik ini, untuk melakukan kegiatan bisnis. Bisa dibilang jika kegiatan bisnis ini akan sangat menguntungkan. Terutama untuk anda yang saat ini gemar bercocok tanam, sehingga hobi anda dapat menghasilkan uang.

0

Leave a Reply