Cara Menanam Sawi Hidroponik Dengan Menggunakan Paralon

Sawi hidroponik

Dengan banyaknya cara untuk menanam berbagai tumbuhan, membuat  beragam jenis tumbuhan dapat dibudidayakan dengan cara apapun. Salah satunya adalah dengan menanam sawi hidroponik, yang saat ini menjadi pilihan bagi beberapa orang yang ingin menanam sawi dengan lahan yang kecil, sudah banyak sekali orang yang menanam sawi hijau ini dengan cara hidroponik menggunakan berbagai macam media.

Tanaman Sawi Hidroponik

Kegunaan sawi dalam kehidupan manusia membuat beberapa orang semakin banyak yang membudidayakannya, hingga saat ini berbagai jenis sawi banyak dibudiayakan dimulai dari sawi putih, hingga sawi pagoda. Jika anda berminat untuk menanam tanaman ini dengan cara hidroponik, ada beberapa langkah mudah yang harus anda lakukan sebagai salah satu contoh untuk membuatnya.

Dengan banyaknya orang yang melakukan penanaman dengan cara hidroponik ini, membuat beberapa inovasi baru semakin banyak bermunculan. Salah satu inovasi terbarunya adalah dengan banyaknya tanaman yang ditanam dengan sistem hidroponik yang menghasilkan tanaman organik, dengan demikian harga jual dari beberapa jenis sayuran ini akan semakin meningkat seiring berjalannya waktu.

Mungkin beberapa orang akan berfikir jika media tanam yang digunakan untuk menanam tanaman hidroponik ini cukup sulit, padahal media tanam yang digunakan didapatkan dari berbagai jenis media yang sederhana. Menanam sawi hidroponik ini tidaklah sesulit yang anda bayangkan, dengan rentang waktu yang cukup sebentar sawi yang anda tanam akan tumbuh subur sehingga akan sangat menguntungkan.

Cara Menanam Sawi Hidroponik

  • Untuk langkah yang pertama ketika anda ingin menanam sawi hidroponik ini adalah mempersiapkan alatnya terlebih dahulu.
  • Mungkin anda bisa memulai dengan mempersiapkan beberapa bahan, untuk kali ini penggunaan pipa paralon menjadi salah satu media tanam utama. Sehingga nantinya sawi akan ditanam di sebuah paralon, dengan alasan cara perairannya yang lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan media lainnya, terutama untuk anda yang masih pemula dengan cara ini.
  • Setelah mempersiapkan paralon, anda bisa mencoba untuk mempersiapkan peralatan lainnya. Peralatan yang harus dipersiapkan sebelum memulai proses menanam adalah selang, gelas plastik, tutup paralon, dan mesin bor yang akan digunakan selama proses penanaman.
  • Ada beberapa langkah utama untuk mempersiapkan alatnya sehingga dapat digunakan. Yang pertama adalah dengan memotong paralon menjadi bagian yang tidak terlalu panjang tetapi juga tidak terlalu pendek, setelah itu jangan lupa untuk membuat ukuran pada setiap paralon menjadi sama sehingga mudah untuk melakukan langkah yang selanjutnya.
  • Jangan lupa untuk membolongi paralon yang sudah dipotong dengan ukuran yang sama ini, anda bisa menggunakan sebuah bor untuk membolongi pipa paralon yang sudah dipersiapkan.
  • Buatlah bolongan dengan ukuran yang sedang saja, tidak terlalu lebar namun juga tidak terlalu sempit sehingga bagus untuk proses pertumbuhan sawi tersebut.
  • Usahakan untuk membuat jarak antara satu bolongan dengan yang lain tidak terlalu berdekatan.
  • Sambil menunggu proses pembuatan paralon, anda bisa mencoba untuk mencari bibit atau benih sawi yang sesuai dengan kebutuhan anda, proses menyemai bibit bisa dilakukan dengan media apapun, termasuk dengan kapas.
  • Jangan lupa untuk membolongi gelas plastik untuk memberikan cairan nutrisi, kemudian membuat sambungan paralon dengan menambahkan selang untuk perairan.
  • Tutuplah beberapa bagian pada paralon untuk membuat sistem perairannya menjadi sebuah perputaran yang lancar sebagai salah satu perairan yang manual.

Ketika anda mencoba untuk menanam sawi hidroponik, pastikan terlebih dahulu jika anda telah menentukan jenis sawi apa yang akan anda tanam sesuai dengan kebutuhan. Tidak perlu khawatir untuk memikirkan beberapa peralatan yang digunakan, karena hampir semua peralatan yang digunakan ini cukup sederhana, tentunya dengan proses semai yang cukup simple dengan alat seadanya.

0

Leave a Reply