Cara Menanam Selada Hidroponik Agar Tumbuh Subur

selada hidroponik

Tidak ada seorang pun yang tidak mengenal jenis sayuran selada, sebagai salah satu tumbuhan yang banyak digunakan dalam kehidupan manusia, salah satunya adalah dijadikan sebagai lalapan. Untuk saat ini sudah ada banyak sekali orang yang mencoba untuk menanam selada hidroponik, sebagai salah satu budidaya sayuran yang tidak memakan banyak tempat pada kebun anda sehingga dapat selalu budidaya.

Tanaman Selada Hidroponik

Untuk anda yang saat ini ingin menanam selada dengan cara hidroponik, cara yang anda harus lalukan sangatlah mudah. Terutama dengan masa panen yang cepat sehingga membuat anda mendapatkan keuntungan dengan cepat, bahkan harga dari tanaman hidroponik saat ini cukup memuaskan para penjual sayuran, maka dari itu cobalah untuk membuat beberapa inovasi terbaru dengan cara hidroponik.

Memiliki lahan yang kecil untuk membuat sebuah perkebunan mini, saat ini bukanlah sebuah penghalang lagi untuk anda yang ingin mendapatkan penhasilan dari hasil tani. Proses yang harus anda lakukan ketika akan menanam selada dengan cara hidroponik tidaklah panjang, bahkan hanya memakan waktu yang singkat untuk mempersiapkan alat serta bahan untuk menanamnya dengan cara yang cukup mudah.

Jika saat ini anda ingin menanam sayuran selada hidroponik, maka cara yang harus anda lakukan pertama kali adalah kesiapan untuk melakukan pengurusan perkebunan mini anda nanti. Kesuburan tanaman yang anda tanam akan bergantung pada cara anda untuk melakukan perawatannya, sehingga nantinya dapat menghasilkan tanaman yang tumbuh subur dengan harga yang memuaskan saat dijual.

Cara Menanam Selada Hidroponik

  • Untuk menanam sebuah sayuran hidroponik, pertama-tama anda haruslah memikirkan terlebih dahulu, media tanam apa yang akan anda gunakan untuk menanam tanaman yang satu ini.
  • Setelah memastikan media tanam yang akan digunakan oleh anda, maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan proses pada alat tanam yang akan dipakai, untuk saat ini beberapa jenis sayuran hidroponik banyak ditanam menggunakan pipa paralon denga cara yang simple dan juga mudah dipelajari.
  • Cobalah untuk mempersiapkan terlebih dahulu pipa paralon yang dipotong tidak terlalu pendek juga tidak terlalu panjang.
  • Setelah memotongnya anda diharuskan untuk membuat sebuah bolongan, sebagai salah satu tempat atau wadah untuk menanam sayuran yang telah dipersiapkan tersebut.
  • Ketika membolongi paralon anda bisa menggunakan alat bor untuk membuat bolongannya, jangan lupa untuk memberikan jarak pada bolongan yang anda buat. Hal ini berguna untuk memastikan jika hidroponik selada yang anda tanam dapat tumbuh dengan subur, sehingga tidak berdempetan satu sama lainnya.
  • Setelah membuat bolongan pada pipa paralon, anda bisa melanjutkan ke proses selanjutnya dimana anda membuat jalur perairan.
  • Untuk jalur perairan anda bisa menyiapkan sebuah selang, yang disambungkan antara satu pipa dengan pipa air yang lainnya. Jangan lupa untuk menutup beberapa bagian dari pipa.
  • Setelah mempersiapkan semua ini, jangan lupa untuk memilih benih atau bibit yang akan di semai.
  • Biasanya beberapa orang akan melakukan proses penyemaian dengan menanamnya pada sebuah kapas atau alat tanam lainya. Jangan lupa untuk memberikan cairan nutrisi ketika anda melakukan proses pertumbuhan, biasanya setelah proses menyemai bibit yang sudah tumbuh haruslah ditanam dengan menggunakan gelas plastik yang telah diberi lubang sebelumnya.

Menanam selada hidroponik tentunya membutuhkan kesabaran yang tinggi, terutama ketika anda ingin menghasilkan tanaman yang dapat tumbuh dengan subur, hijau, dan segar. Dengan demikian nantinya selada yang sudah anda tanam akan memiliki harga jual yang cukup tinggi, dan akan membuat anda meraih keuntungan yang cukup banyak.

0

Leave a Reply