21+ Jenis Tanaman Hias Air Yang Cantik Dan Indah

Tanaman air atau yang sering disebut juga dengan hydrofit, adalah jenis-jenis tanaman atau tumbuhan yang telah menyesuaikan hidupnya dengan hidup di lingkungan perairan. Baik terendam sebagian ataupun seluruh bagiannya terendam di dalamnya. Tanaman hias air ini dikenal sebagai jenis tanaman liar yang biasa hidup di sungai, rawa, kolam, atau pun danau.

Tanaman air hias ini tidak hanya selalu hidup liar di air, tetapi sering juga digunakan sebagai tanaman hias untuk suatu kolam ikan di dalam rumah. Tujuannya adalah agar kolam tersebut memberi kesan indah dan menarik. bahkan tanaman hias air tawar tersebut memiliki manfaat yang baik, yaitu bisa menjadi pembersih kolam.

Ciri-ciri dari tanaman hias yang hidup di air tersebut diantaranya yaitu :

  1. Memiliki jenis kutikula yang tipis, yang fungsinya adalah mencegah kekurangan air di dalam kolam. sehingga sebagian besar hydrophytes itu tidak harus sampai dicuticle.
  2. Jenis stomatanya terbuka  kebanyakan saat jumlah air sedang melimpah, sehingga tidak harus disimpan dahulu di dalam tanaman.
  3. Meningkatnya jumlah stomata yang posisinya berada di bagian samping daun.
  4. Strukturnya kurang kaku.
  5. Flat daun di permukaan tanaman berfungsi sebagai pengapungan.
  6. Bagian akarnya kecil sehingga air dapat disebar ke seluruh daun.
  7. Ukuran akar juga ringan sehingga tidak harus berfungsi sebagai pendukung tanaman.

Jenis Tanaman Hias Air :

Lotus Atau Seroja

Lotus atau Seroja

Tanaman lotus adalah jenis tanaman air yang membutuhkan media air dan juga tanah untuk pertumbuhannya. Biasanya tanaman lotus ini akan diletakkan di dalam pot tanah liat yang ukurannya cukup tinggi. Tanaman lotus memiliki ukuran bunga yang besar dan sangat cantik, warnanya biasanya putih atau merah. Ukuran daunnya ada yang besar dan ada juga yang kecil.

Bambu Air atau Equisetum

Tanaman hias bambu air merupakan salah tumbuhan air yang banyak digunakan untuk menghias ruangan, atau ditaruh di pekarangan rumah. Jenisnya mirip dengan tanaman bambu yang hidup di darat, tumbuhan ini ukurannya kecil tetapi memiliki tinggi 25 sampai 100 cm dengan diameter 3 cm saja. Tanaman bambu ini biasa disimpan di dalam pot besar yang isinya lumpur dan genangan air.

Tanaman air yang satu ini dikelompokkan ke dalam 3 jenis tanaman hias air, diantaranya yaitu tanaman dalam air, tanaman mengembang, dan tanaman tepian. Dari masing-masing jenisnya, bentuk daun dan bunganya memiliki ciri khasnya masing-masing. Aneka jenis tanaman air ini mulai dikenal dan disukai oleh banyak orang sekitar awal tahun 90an.

Teratai

Teratai

Teratai merupakan jenis tanaman hias media air yang paling banyak digunakan oleh kebanyakan orang, untuk menghias atau mempercantik kolam ikannya. Karena tanaman teratai memiliki bunga yang cantik dan indah. Bunganya berwarna warni dengan daun yang mengembang di dalam permukaan air. Teratai ini memiliki beragam varietas yang dapat dibedakan dari jenis bunganya.

Papirus Air

Tanaman papirus air merupakan salah satu jenis tanaman hias dengan media air yang tumbuh secara berkelompok, serta memiliki pertumbuhan yang cukup cepat. Bagian batangnya berbentuk segitiga dan ukurannya mencapai mencapai 1 m lebih. Bagian bunganya biasanya akan muncul di ujung batang dan menyerupai bentuk daun.

Semanggi

Tanaman air Semanggi

Tanaman air semanggi merupakan tanaman hias hidup di air yang banyak ditemui di area pinggiran persawahan, atau di tepi saluran irigasi. Bentuk daun dari tanaman semanggi ini menyerupai payung dan tersusun dari 4 anakan daun muda, dan posisinya saling berhadapan. Bagian daunnya sering kali digunakan sebagai bahan utama makanan pecel semanggi.

Kiambang

Tanaman hias air yang satu ini merupakan nama umum atau nama populer dari tanaman paku air. Tanaman ini biasa ditemukan mengapung di air yang menggenang, seperti misalnya di kolam, sawah, danau atau sungai yang aliran airnya tenang. Kiambang memiliki 2 tipe daun yang berbeda, yang tumbuh di permukaan air dan yang tumbuh di dalam air dengan bentuk menyerupai akar.

Azolla

Azolla

Azolla adalah tanaman hias di air yang satu-satunya termasuk ke dalam genus paku air yang mengapung di suku azollase. Tanaman azolla ini dikenal mampu bersimbiosis dengan bakteri bitu hijau dan mengikat nitrogen langsung dari udara. Sehingga tanaman azolla ini sering digunakan sebagai pupuk hijau baik di lahan sawah maupuh lahan kering.

Apu-Apu

Tanaman hias dengan media air yang satu ini sering juga disebut sebagai tanaman kapu-kapu. Tanaman air ini biasa hidup di setiap perairan dengan cara mengapung. Ciri khasnya yaitu memiliki daun berwarna hijau, dan ditumbuhi dengan bulu-bulu halus yang tekstrurnya seperti beludru. Sedangkan bagian akar serabutnya biasanya berwarna putih.

Melati Air

Melati air

Tanaman hias dalam air yang satu ini memiliki bunga yang berwarna putih dan hidup berderet pada tangkainya yang panjang. Uniknya bunga melati air ini akan muncul bergantian di pagi hari, dari sisa bunga yang telah muncul akan muncul tunas bunga baru. Melati air ini biasanya berdaun kaku, dan ditumbuhi bulu yang kasar di bagian atas dan bawah daunnya.

Calla Lily

Tanaman hias yang bisa hidup di air lainnya yaitu tanaman calla lily, yang bentuknya seperti terbuat dari lili. Bentuknya menyerupai corong dengan warna putih dan bagian putiknya yang berwarna kuning cerah, sehingga sangat menarik perhatian. Jika tanaman calla lily ini kurang mendapat cahaya matahari maka ia dapat tumbuh tinggi. Aroma bunganya juga sangat lembut tercium.

Eceng Gondok

Eceng Gondok

Siapa yang tidak tahu tanaman eceng gondok, jenis tanaman hias air yang satu ini sangat populer di Indonesia. tanaman eceng gondok berasal dari Brasil, yang pada awalnya orang Brasil menanam eceng gondok sebagai tanaman hias. Tanaman eceng gondok termasuk ke dalam tanaman hias air yang memiliki pertumbuhan yang sangat cepat, sehingga sering dianggap sebagai gulma.

Tampilan bunga dari tanaman eceng gondok ini sangat eksotik dan menarik, sehingga sering dijadikan sebagai bahan pembuat kerajinan. Warna bunganya adalah ungu muda dan hanya bisa mekar dalam waktu 1 hari saja. Tanaman air ini biasanya mengapung di atas genangan air dan mudah ditemui di sungai atau rawa-rawa.

Selada Air

Di Indonesia tanaman selada air sering dimanfaatkan sebagai sayuran yang memiliki banyak manfaat. Serta dipercaya sebagai tanaman air yang telah ada sejak zaman peradaban, selada air ini mengandung antioksidan dan mampu menangkal radikal bebas. Tak heran jika tanaman yang satu ini bisa dikonsumsi dan manfaatnya baik untuk tubuh.

Tetepok Atau Telipuk

Tetepok

Tetepok menjadi salah satu tanaman hias tahan air yang sering dijadikan sebagai tanaman penghias di suatu kolam. Bentuk daunnya unik karena berbentuk hati, di luar negeri tanaman ini dijuluki dengan floating heart karena bentuk daunnya yang unik. Bunganya berwarna putih dan teksturnya sangat lembut seperti salju yang sedang berjejer di atas permukaan air.

Tifa

Tifa atau cat tail merupakan salah satu jenis tanaman air yang sering dikenal sebagai gulma dan dijadikan sebagai tanaman liar. Kini tanaman ini disukai oleh banyak orang, tadinya tanaman tifa hanya berada di sungai atau rawa-rawa namun kini sudah menjadi penghias di setiap rumah. Bahkan tanaman tifa kini sering berada di dalam ruangan lobi hotel atau perkantoran.

Pisang Air

Tanaman ini disebut tanaman pisang air karena bentuknya yang sangat mirip dengan pohon pisang. Tetapi ia tumbuh dan hidup di air dan dikategorikan sebagai tanaman air yang biasa menghias suatu kolam. Bedanya dengan pohon pisang adalah, pohon itu memiliki daun talas sedangkan pisang air tidak. Bentuk daunnya bergelombang atau oval dan tingginya bisa mencapai 4 m.

Yellow Water Poppy

Tanaman ini tumbuh dengan mengambang dan memiliki daun yang berwarna kuning, walapun termasuk pada tanaman air. Namun habitat water poppy ini tidak sepenuhnya berada di air tetapi juga di lumpur. Tanaman ini sering dijadikan cover ground di suatu kolam, dan termasuk jenis tanaman yang sering berbunga.

Water Canna

Water canna merupakan salah satu jenis tanaman hias air yang memiliki bunga yang indah dan berwarna ungu violet. Pada umumnya tanaman water canna hidup di rawa-rawa, kolam, atau lahan yang basah. Bunganya yang menarik membuat tanaman ini sering menjadi tanaman hias pot air. Tanaman water canna sangat disukai oleh kupu-kupu tetapi baunya tidak disukai oleh rusa.

Pickeral Weed

Pickeral weed ini sangat cocok untuk anda yang senang dengan jenis tanaman air yang indah dan berbeda dari tanaman air lainnya. Pickeral weed merupakan jenis tanaman yang unik dan sangat tahan banting, namun ia dikenal dan disukai oleh banyak orang karena keindahannya. Serta cocok menjadi penghias suatu kolam.

Black Taro

Black taro atau sering juga disebut dengan black magic merupakan salah satu jenis tanaman yang unik, karena seluruh tubuh tanamannya hitam semua. Tinggi tanaman dan juga lebarnya sekitar 3 sampai 6 kaki. Tanaman black taro ini sangat cocok jika ditaruh di kolam sebagai penghias, bahkan bisa menjadi tanaman hias aquarium air tawar.

Mosaic plant

Mosaic plant merupakan salah satu jenis tanaman hias air yang memiliki bunga berwarna kuning, dan umumnya bunga tersebut mekar di bulan Juni dan Agustus. Daunnya mengapung di atas permukaan air dan dapat membentuk suatu pola yang indah, dia atas permukaan air tersebut. mosaic plant cocok ditanam di daerah dataran rendah atau tinggi.

Keladi-Keladian

Ciri pada tanaman keladi-keladian memiliki daun yang bentuknya ada tonjolan bulat yang memanjang, dengan bagian ujungnya yang tumpul yang disebut dengan spadiks. Biasanya spadiks dibungkus oleh selundang yang disebut dengan spata. Pada umumnya warna pada daun keladi sama dengan warna yang terdapat pada spatanya.

Leave a Comment