8 Macam Tanaman Hias Akar Yang Banyak Digemari Orang

Tanaman hias akar masih menjadi jenis tanaman hias yang banyak digemari oleh orang banyak, khususnya mereka yang menjadi pecinta tanaman. Tampilannya yang cantik dan menawan sering kali menarik perhatian banyak orang, dan ingin merawatnya di rumah. Jenis-jenis tanaman tersebut sering dipilih untuk menghias kolam, rumah, kebun, sebagai dekorasi dan lain sebagainya.

Beberapa dari tanaman hias tersebut sering mengeluarkan aroma yang segar, sehingga membuat lingkungan sekitar menjadi lebih asri dan sejuk. Aromanya yang segar itu mampu menenangkan suasana di dalam ruangan. Ada banyak jenis tanaman hias akar yang bisa anda pilih untuk menghiasi kolam atau taman dan pekarangan anda.

Secara psikologis memiliki dan memelihara tanaman hias merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan, dan juga mampu menenangkan pikiran. Apalagi tanaman hias biasanya memiliki nilai ekonomis yang tinggi, dan sangat mudah dibudidayakan. Pengertian tanaman hias akar ini yaitu, jenis tanaman hias yang memiliki keindahan di bagian akarnya.

Macam-Macam Tanaman Hias Akar

Bonsai

Bonsai

Tanaman bonsai merupakan salah satu tanaman hias akar yang sengaja dikerdilkan di atas pot yang dangkal, dengan tujuan untuk membuat miniatur dari bentuk aslinya yang besar. Istilah dari nama tanaman hias akar yang satu ini, diambil dari seni tradisional Jepang dalam pemeliharaan tanaman di pot yang dangkal.

Selain itu tanaman bonsai ini juga merupakan apresiasi keindahan pada bentuk daun, batang, dahan dan akar pohon. Bonsai adalah hasil dari pelafalan bahasa Jepang yaitu penzai, seni ini mencakup berbagai hal dalam perawatan tanaman bonsai yang meliputi teknik pemotongan, pemangkasan, pengawatan, dan membuat akar bonsai menyebar di atas batu.

Pada umumnya tanaman akar bonsai ini memiliki ketahanan yang lebih baik dibanding tanaman hias lainnya, dan memerlukan treatment atau perawatan khusus. Bagi anda yang memiliki lahan rumah yang tidak begitu luas, tanaman bonsai ini bisa menjadi alternatif atau pilihan yang paling pas karena bentuknya yang mungil dan tidak memakan tempat.

Beringin

Beringin

Tanaman beringin merupakan salah satu tanaman hias akar yang sering tumbuh di pekarangan atau bisa juga di dalam pot. Tanaman yang satu ini berasal dari daerah Asia dan Australia, tanaman beringin dipercaya memiliki banyak khasiat diantaranya yaitu mampu mengatasi berbagai penyakit misalnya demam, rematik, disentri dan lain sebagainya.

Tanaman beringin merupakan jenis tanaman pohon, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan pohon beringin yang ukurannya sangat besar. Yang sering digunakan oleh orang banyak sebagai tempat berteduh. Daunnya berbentuk jorong, dengan bagian pangkal daun yang bentuknya tumpul dan bagian tepi daunnya merata dan terasa halus.

Pohon beringin merupakan jenis tanaman atau pohon yang paling sering dijumpai di Indonesia, karena memang berasal dari wilayah Asia Tenggara. Pohon ini banyak ditanam sebagai tanaman dekoratif, karena sering berada di wilayah tertentu seperti misalnya lapangan alun-alun atau lapangan umum yang berguna sebagai perindang.

Kamboja

Tanaman kamboja

Tanaman kamboja atau yang sering disebut juga tanaman plumeria merupakan salah satu tanaman hias yang berasal dari Amerika Tengah. Tanaman kamboja banyak ditemukan di daerah Pulau Bali, padahal tanaman ini berasal dari luar negeri. Karena tanaman ini erat kaitannya dengan kebudayaan dan kepercayaan masyarakat setempat.

Sedangkan di beberapa daerah lainnya tanaman kamoja ini sering kali ditemukan di daerah pemakaman. Anda pasti tidak asing lagi dengan tanaman kamboja, yang ciri-cirinya yaitu sebagai berikut daunnya berwarna hijau muda dan tua, bunga kamboja menyerupai bentuk terompet dan berkumpul di bagian ujung ranting.

Tanaman kamboja sering juga disebut sebagai tanaman adenium, yang memiliki banyak keunikan. Karena bentuk pohonnya yang beragam dan bunganya yang beraneka warna, tanaman hias akar yang satu ini memiliki bentuk akar yang sangat menarik. sehingga sering juga menarik perhatian para pecinta seni bonsai untuk mendesain dan menata akarnya.

Ficus Benjamina

Ficus Benjamina

Ficus benjamina merupakan nama latin dari contoh tanaman hias akar yaitu tanaman beringin, yang juga sering dikenal dengan nama waringin. Kini tanaman beringin ini sering digunakan sebagai tanaman hias akar di dalam suatu ruangan, dengan jenis daunnya yang bercorak loreng. Tanaman beringin memiliki akar yang menjulur dari atas sampai ke bawah, dan menjadikannya ciri khas unik.

Bagi mereka yang menyukai jiwa seni dalam hal mendesain atau menata tanaman, maka mereka akan menganggap tanaman beringin ini sebagai jenis tanaman yang harus ditata dan disesain kembali bagian akarnya. Masih banyak macam-macam tanaman hias akar lainnya yang bernilai seni tinggi, selain ficus benyamina atau tanaman beringin ini.

Ficus Elastica

Ficus Elastics

Ficus elastica atau yang sering kita kenal dengan nama tanaman karet kebo, adalah salah satu tanaman hias akar yang paling populer hingga ke penjuru dunia. Tanaman ini juga bisa tumbuh di iklim tropis seperti Indonesia. tanaman fiscus elastica ini adalah jenis tanaman yang memiliki sistem perakaran akar tunggang.

Sistem perakaran pada tanaman fiscus elastica ini biasanya akan tumbuh menyebar dengan luas, sehingga tanaman ini masih bisa tumbuh dengan baik walaupun dalam kondisi yang tidak menguntungkan. Tanaman karet kebo ini merupakan jenis tanaman pohon yang berumur panjang, tingginya bisa mencapai 20-30 m.

Tanaman ficus elastica ini dibudidayakan secara luas di negara bagian hawaii, jika ditanam di daerah lembab maka tingginya bisa mencapai 100 kaki. Ciri fisiknya yaitu daunnya merupakan daun tunggal, tangkainya pendek, warnanya hijau, dan bagian tulang daunnya menyirip. Biasanya pada bagian helai daun karet, terdapat 3 anak daun.

Canarium SPP

Canarium SPP1

Tanaman canarium SPP atau sering disebut juga sebagai pohon kenari, merupakan salah satu jenis tanaman akar yang dapat hidup dan tumbuh di Indonesia. kini sudah banyak orang yang merawat atau memelihara tanaman hias akar yang satu ini. akar pada pohon kenari ini merupakan jenis akar yang sangat kuat dan mampu menapung berat pohon tersebut dengan baik.

Habitat asli pada canarium SPP ini adalah Maluku dan Papua, tanaman ini dapat tumbuh di daerah dataran rendah maupun dataran tinggi. Penyebaran alaminya terjadi dalam bentuk penyebaran biji dari buah kenari. Penyebarannya dilakukan oleh hewan-hewan pemakan biji seperti misalnya burung, kelelawar dan juga tupai.

Artacarpus altilis

Artocarpus altilis

Tanaman artacarpus altilis ini adalah jenis tanaman akar yang termasuk pada famili moraceae, tanaman hias akar yang satu ini berasal dari Indonesia. bahkan sampai ke Papua New Guinie, dan hingga saat ini masih menjadi jenis tanaman hias yang banyak digemari setelah ficus benyamina. Kini tanaman artacapus ini sudah tersebar di seluruh Indonesia khususnya di daerah yang lembab.

Tanaman artacarpus atau yang sering disebut dengan tanaman sukun merupakan tanaman yang serbaguna, dan memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Tanaman pohon ini tingginya bisa mencapai 30 m, namun tinggi rata-ratanya hanya sekitar 12-15 m saja. Sukun dapat tumbuh dengan baik di daerah yang beriklim basah.

Leave a Comment