Tanaman Hias Buah Dengan Warna-Warna Yang Mencolok

Dalam menanam tanaman hias tidak harus selalu menanam tanaman yang bunganya bermekaran berwarna-warni, atau dengan aroma bunga yang wanginya sampai menusuk hidung. Karena masih ada jenis tanaman hias yang bisa anda tanam sendiri di rumah, yaitu tanaman hias buah. Selain menghias pekarangan anda, maka anda juga bisa memetik hasil buahnya.

Ada banyak cara menanam tanaman hias buah, bahkan lebih banyak orang yang lebih memilih menanam buah karena buahnya bisa dimakan sendiri. Dalam menghasilkan buah yang sehat dan higienis tentu tidak mudah, maka dari itu anda harus merawatnya dengan baik. Pengertian dari tanaman buah itu sendiri adalah tanaman yang dapat menghasilkan buah-buahan.

Tetapi bukan hanya menghasilkan buah saja, kelebihan dari menanam tanaman buah yaitu penanamannya harus memiliki estetika. Tanaman buah ini tidak memerlukan lahan yang luas untuk menanamnya, karena anda bisa menggunakan media tabulampot atau tanaman buah dalam pot. Ada banyak jenis tanaman hias buah yang bisa anda tanam di rumah.

Jenis Tanaman Hias Buah Yang Bisa Anda Tanam Dirumah

Jeruk Nagami

Jeruk Nagami

Jeruk nagami adalah jenis tanaman hias buah dengan buahnya yang enak, yang cukup populer di Indonesia. tanaman hias buah jeruk yang satu ini termasuk tanaman yang sering berbuah dan cara perawatannya pun mudah. Bentuk buah dari  tanaman buah jeruk nagami ini adalah bulat, kecil,dan lonjong dan warnanya oranye.

Tinggi tanaman jeruk nagami ini bisa mencapai 1,5 m saja, cara tanamnya pun sangat mudah karena anda bisa menggunakan pot untuk media tanamnya. Kelebihan dari buah jeruk nagami ini adalah buahnya bisa langsung dikonsumsi, karena yang bisa dimakan bukan hanya daging buahnya saja tetapi juga dengan kulit jeruknya.

Ada yang lebih unik lagi, yaitu rasa buahnya yang enak dan manis. Jeruk nagami ini tidak kalah manis dengan jenis jeruk lainnya yang biasa tersedia di pasar. Anda bisa mencoba budidaya jeruk nagami ini di rumah, dengan cara menanam dan cara merawatnya yang mudah tentu tidak akan sulit dilakukan. Jika ingin memperbanyak hasilnya anda bisa menggunakan cara tanam okulasi.

Cabai Pelangi

Cabai Pelangi

Tanaman hias buah cabai pelangi merupakan salah satu contoh tanaman hias buah yang memiliki jumlah buah yang banyak. Penggemar dan penyuka cabai pelangi ini lebih banyak dibanding jenis cabai pada umumnya. Kelebihan dari cabai pelangi ini adalah buahnya memiliki warna yang beragam, buah cabai yang dihasilkan bisa berwarna hijau, ungu, kuning, dan merah.

Jenis cabai yang satu ini memang bukan asli dari Indonesia tetapi tanaman cabai pelangi ini bisa tumbuh di mana saja, termasuk di Indonesia. dengan bentuknya yang unik dan beragam warna cabai pelangi ini tetap bisa dikonsumsi. Sekaligus dapat menjadi tanaman hias buah yang ditanam di pekarangan rumah anda.

Dengan rasa cabai yang pedas dan khas, rasa pedasnya tetap akan terasa di lidah tidak ada bedanya dengan rasa pedas pada cabai lainnya. Buah cabai pelangi ukurannya besar dan tingkat kematangan masing-masing buah cabai tersebut juga berbeda-beda. Tanaman buah hias yang satu ini memang memiliki banyak keunikan.

Buah Naga

Buah Naga

Tanaman hias buah naga bisa anda jadikan tanaman hias di pekarangan rumah, dengan bentuk buahnya yang unik dan warnanya yang merah mencolok buah naga memang memiliki keunggulan sendiri. Tanaman buah naga dikategorikan ke dalam jenis tanaman kaktus, yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Tanaman ini banyak dibudidayakan oleh orang-orang karena buahnya yang unik, keunikan lainnya dari buah naga ini adalah daunnya yang merambat terus hingga ukurannya bisa sangat panjang. Serta ukuran bunganya yang besar, itulah sebabnya tanaman buah naga ini dikategorikan sebagai tanaman hias.

Habitat asli dari tanaman buah naga ini adalah lahan yang kering, daerah pesisir, dan daerah yang memiliki ketinggian 0-1400 di atas permukaan laut. Perlu anda ketahui bahwa tanaman buah naga ini memiliki akar serabut yang letaknya di dalam tanah, dan bagian batang yang merupakan akar gantung. Bahkan akarnya juga terletak pada bagian rusuknya.

Nanas Medusa

Nanas Medusa

Tanaman buah nanas medusa termasuk ke dalam jenis-jenis tanaman hias buah yang sering disebut dengan buah nanas medusa. Tanaman buah nanas yang satu ini sangat unik karena tampilannya yang bergerombol. Buah nanas yang telah dihasilkan bisa menghasilkan buah-buah nanas mungil, sehingga tanaman buah nanas medusa ini termasuk ke dalam tanaman hias buah unik.

Buah-buah nanas kecil yang ada di tanaman buah nanas medusa ini, letaknya menonjol dari buah nanas utama. Itulah yang menyebabkan tanaman hias buah nanas medua ini sangat unik dan membuat banyak orang membudidayakan serta memeliharanya. Buah-buah nanas mini tersebut juga tumbuh lengkap dengan mahkotanya, seperti buah nanas utama.

Nama lain atau nama ilmiah dari buah nanas medusa ini adalah Ananas Comosus, dan rasanya pun tak kalah enak dan segar dengan buah nanas jenis lainnya. Tanaman buah nanas medusa dapat hidup di daerah dataran tinggi atau pun rendah. Cara merawatnya sama dengan cara merawat tanaman buah lainnya, disiram dan dipupuk dengan teratur.

Nanas Merah

Nanas Merah

Tanaman nanas merah biasanya digunakan sebagai tanaman hias pembatas, tanaman buah ini berasal dari Argentina, Paraguay dan Brazil. Warna bunganya ungu pucat dengan bias merah dan merah muda, dan memiliki duri. Warna daunnya sangat menarik, tetapi tanaman ini tetap tergolong ke dalam tanaman hias buah. Karena buahnya masih bisa dimakan dan rasanya enak.

Daun nanas merah ini warnanya hijau tetapi dilengkapi dengan semburat kemerahan, sesuai dengan nama buahnya yaitu nanas merah. Bentuk daunnya panjang dan melengkung, sedangkan rasa buah nanasnya sama saja dengan rasa buah nanas biasa. Yang membuat tanaman buah nanas ini memiliki daya tarik adalah warna buahnya yang berwarna merah mencolok.

Dari macam-macam tanaman hias buah yang ada, tanaman buah nanas inilah yang memiliki warna paling mencolok tetapi rasa buahnya tetap enak dan manis. Sebagian orang percaya bahwa buah nanas merah ini bisa mendatangkan rezeki. Sehingga jika ada nanas merah yang cacat atau atau tidak mulus yang dijual di pasaran, maka biasanya buah nanas tersebut tidak akan laku.

Lemon

Lemon

 Tanaman hias buah yang berikutnya yaitu tanaman buah jeruk lemon lokal, dengan ciri sebagai berikut :

  1. Buahnya berwarna hijau.
  2. Rasanya sangat asam.
  3. Kulitnya lebih tipis dibandingkan dengan kulit buah lemon pada umumnya.

Buah lemon lokal ini biasanya digunakan sebagai bahan minuman untuk diet atau program menurunkan berat badan. Jeruk lemon lokal ini juga sangat banyak manfaatnya, baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Buah jeruk lemon ini juga sering digunakan atau dikonsumsi sebagian orang yang ingin menjalankan hidup sehat.

Buah jeruk lemon yang kaya akan vitamin C ini berguna sebagai antioksidan, mampu menangkal radikal bebas, dan menjaga kekebalan tubuh.

Leave a Comment