Tanaman Hias Bunga Dengan Aneka Ragam Bunga Cantik

Tanaman hias bunga adalah jenis tanaman yang paling digemari dan disukai oleh para penggemar bunga. Karena bunga adalah sesuatu yang identik dengan kecantikan dan keindahan, dengan rupanya yang menawan dan warnanya yang beraneka ragam. Tanaman bunga juga sering digunakan sebagai tanaman hias di sebuah rumah, agar rumah terlihat indah dan asri.

Dengan banyaknya jenis-jenis tanaman hias bunga yang indah, maka rumah pun akan lebih asri dan membuat setiap penghuninya betah. Anda bisa membuat tanaman bunga dengan menggunakan pot atau di lahan tanah. Anda juga bisa membuat taman mungil yang asri, yang diisi dengan aneka warna dan jenis tanaman hias bunga.

Anda bisa menjadikan menghias taman kecil di pekarangan rumah sebagai hobi atau kegiatan yang menyenangkan. Ada banyak jenis tanaman hias outdoor yang bisa anda tanam dengan menggunakan pot atau lahan tanah. Jika lahannya tidak mencukupi maka anda bisa menggunakan pot gantung saja untuk meminimalisir lahan.

Macam-Macam Tanaman Hias Bunga

Bunga Mawar

Tanaman hias bunga mawar sudah menjadi simbol rasa cinta dan kasih sayang, sehingga bunga yang satu ini sering dijadikan benda atau hadiah untuk orang terkasih. Bukan hanya rupanya saja yang indah, tetapi bunga mawar juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Bahkan kandungan zat kimia yang terdapat pada tanaman hias bunga yang satu ini, juga bagus dijadikan terapi.

Warna bunga mawar yang paling banyak dikenal, disukai dan digunakan adalah warna merah dan putih. Padahal masih ada banyak warna lainnya dari bunga mawar ini, bahkan jumlahnya ada sekitar 100 pcs lebih. Warnanya pun bermacam-macam, mulai dari blue, peach, pink dan masih banyak warna lainnya.

Bunga Anggrek

Tanaman hias bunga anggrek merupakan jenis tanaman yang paling banyak disukai dan digemari banyak orang. Khususnya bagi mereka para pecinta bunga, karena bunga yang sering dijuluki puspa pesona ini sudah menjadi salah satu ciri khas bunga nusantara. Di negara kita ada banyak sekali jenis bunga anggrek yang tumbuh liar, atau sengaja dibudidayakan.

Keindahan dan rupa bunga anggrek yang cantik ini diidentikkan dengan simbol rasa cinta dan juga kemewahan. Perlu anda ketahui bahwa ada sekitar 5000-6000 pcs jenis tanaman anggrek yang terbilang langka, seperti misalnya anggrek kebutan, anggrek hitam dan anggrek koribas.

Bunga Melati

Salah satu contoh tanaman hias bunga yang populer di Indonesia yaitu bunga melati, jenis bunga melati putih sudah ditetapkan sebagai jenis bunga nasional Indonesia dengan bunga raflesia arnoldi dan bunga anggrek bulan. Bunga melati juga sering dijadikan bahan untuk upacara tradisional, dan sering digunakan oleh para pengantin jawa dan sunda untuk hiasan rambut pengantin.

Anda bisa mencoba budidaya bunga melati karena cara menanamnya sangatlah mudah, dan tidak membutuhkan perawatan khusus. Anda hanya perlu memangkas jika ada bagian ranting yang tumbuh tidak rapi. Salah satu ciri khas tanaman hias bunga melati yang paling dikenal adalah wanginya yang sangat tajam dan khas.

Bunga Kembang Sepatu

Ada banyak macam-macam tanaman bunga hias yang disukai oleh para pecinta bunga, salah satunya adalah bunga kembang sepatu. Yaitu jenis bunga yang bisa tumbuh dengan mudah, di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Tanaman hias ini bisa tumbuh dengan besar, asalkan anda menanamnya terlebih dahulu di dalam pot.

Jika menanam tanaman kembang sepatu dengan menggunakan pot, maka pertumbuhannya bisa lebih dikendalikan. Walaupun namanya bunga kembang sepatu, tetapi tanaman hias yang satu ini bentuknya sama sekali tidak mirip dengan sepatu. Bentuknya sama saja dengan jenis bunga kebanyakan, warnanya yaitu merak muda yang sangat indah.

Bunga Kamboja

Bunga kamboja dikategorikan sebagai tanaman hias bunga karena postur atau bentuknya yang indah, dan berbeda dengan jenis bunga kamboja lainnya. Jenis bunga kamboja yang paling dikenal adalam adenium waterfall dan adenium windmill. Mungkin belum banyak orang yang tahu, bahwa bunga kamboja ini memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Di Bali bunga kamboja sering kali digunakan sebagai salah satu bahan pendukung pada hampir setiap upacara nasional. Tak heran jika banyak orang menanam tanaman hias yang satu ini di pekarangan rumahnya. Bunga kamboja memang memberikan banyak keuntungan bagi setiap pemiliknya.

Bunga Kemuning

Ciri khas dari bunga kemuning adalah wangi dan baunya yang tajam di malam hari, bunga kemuning ini nama latinnya yaitu murayya paniculata. Biasanya bunga kemuning tumbuh liar di tepi hutan, semak belukar, atau ditanam sebagai tanaman hias biasa atau tanaman pagar. Bunga kemuning sangat menyukai matahari sehingga cocok ditanam di tempat terbuka.

Bunga Alamanda

Tanaman hias yang satu ini merupakan jenis tanaman hias yang paling mudah cara merawatnya, tanaman yang dapat tumbuh dengan pesat ini biasanya tumbuh secara bergerombol. Biasanya bunga alamanda akan ditanam menggunakan media tanam pot, agar mudah dipindahkan saat tanaman tersebut sudah tumbuh besar.

Alamanda cathartica merupakan jenis bunga alamanda yang paling terkenal di Indonesia, bunga alamanda sering dijuluki sebagai bunga terompet emas atau bunga lonceng. Bunga yang satu ini berasal dari daerah Amerika Tengah, alamanda memang tidak memiliki aroma yang kuat seperti bunga lainnya. Tetapi bunga alamanda memiliki warna kuning yang cukup mencolok dan indah.

Bunga Lily

Bunga lily juga termasuk pada jenis tanaman hias yang cukup populer di Indonesia, terbukti dengan adanya hamparan bunga lily di suatu tempat wisata membuat banyak orang berbondong-bondong mendatanginya karena ingin melihat dan menikmati keindahannya. Bunga lily sering juga disebut dengan bunga bakung, dan bunga lily telah menjadi ikon khas di beberapa negara.

Ada sekitar 100 jenis bunga lily yang tersebar di seluruh dunia, biasanya bunga lily tumbuh di rawa-rawa, hutan, pegunungan atau di pekarangan rumah. Sehingga kebanyakan orang yang memelihara bunga lily, akan menaruhnya di taman atau pekarangan rumah mereka.

Bunga Kenanga

Bunga kenanga sudah menjadi tanaman khas Indonesia, yang memiliki nama ilmiah cananga odorata dan kini sudah ditetapkan sebagai tanaman yang menjadi identitas di Provinsi Sumatera Utara. Keunikan dari bunga kenanga yaitu memiliki kelopak bunga yang berwarna kuning, meskipun pada awalnya memiliki warna hijau. Tanaman ini juga memiliki wangi yang sangat harum.

Bunga Bougenville

Tanaman yang berasal dari Amerika Selatan ini merupakan jenis tanaman hias yang paling mudah ditemukan di Indonesia. tanaman bougenville merupakan jenis tanaman tropis yang sangat mudah berkembang di daerah yang beriklim tropis. Tak heran jika tanaman ini cocok dikembangkan di Indonesia, warna ungu pada bunga bougenville membuat tampilannya sangat eksotis.

Bunga Geranium

Bunga geranium merupakan salah satu jenis bunga yang cocok dijadikan tanaman hias, untuk menghemat tempat anda bisa menjadi tanaman ini sebagai tanaman hias bunga gantung dengan menggunakkan pot terlebih dahulu. Bunganya yang berwarna merah dipadukan dengan warna putih menjadikan geranium menjadi bunga yang enak dipandang.

Bunga Edelweis

Bunga edelweis sering disebut sebagai bunga abadi dan lambang cinta, bunga yang berwarna putih ini tidak mengandung racun. Bunga indah ini sering ditemukan di Pegunungan Alpen, warga lokal di sekitar Pegunungan Alpen sering memanfaatkan bunga ini sebagai obat untuk sakit perut dan juga pernapasan.

Bunga edelweis biasanya tumbuh di hutan pegunungan atau di tanah vulkanik, uniknya lagi bunga ini akan tetap tumbuh walaupun di tanah yang tandus. Ada banyak jenis bunga edelweis yang tumbuh di hutan dan pegunungan di Indonesia, tetapi bunga edelweis yang tumbuh di Indonesia berbeda dengan bunga eledweis yang tumbuh di luar negeri.

Bunga Matahari

Bunga matahari merupakan jenis bunga yang cukup populer di Indonesia, dan karena keindahannya maka tak heran jika banyak orang yang menyukai bunga yang satu ini. keunikan dari bunga matahari yaitu bentuknya yang menyerupai matahari dan ukurannya besar. Sehingga hal itu menjadi daya tarik tersendiri dari bunga matahari.

Warna kuning cerah yang terdapat pada bunga matahari dianggap sebagai penyemangat setiap orang yang melihatnya. Bunga matahari juga bisa menjadi tanaman hias bunga indoor yang memang bertujuan untuk mempercantik ruangan. Bunga ini mampu hidup di dataran rendah atau dataran tinggi, asalkan mendapat sinar matahari yang cukup.

Bunga Tulip

Dengan keindahannya yang menawan bunga tulip ini sangat cocok ditaruh di taman atau pekarangan. Di Indonesia bunga tulip kurang dikenal dengan baik, walaupun banyak orang tahu tentang bunga ini. karena bunga tulis hidup di negara 4 musim, misalnya negara Belanda di mana bunga tulip sudah menjadi ciri khas dari negara tersebut.

Bunga Asoka

Sama seperti bunga mawar dan bunga indah lainnya, bunga asoka juga menjadi salah satu jenis bunga yang memiliki banyak penggemar. Bunga asoka juga sering disebut bunga yang unik, karena tumbuh dengan cara bergerombol. Tetapi bunga asoka tidak memiliki wangi yang harum seperti bunga-bunga lainnya.

Bunga Aster

Bunga aster merupakan salah satu tanaman hias bunga yang sering disebut dengan bunga daisy atau bunga seruni.  Tanaman aster termasuk pada jenis tanaman yang bersemak tinggi, yang tingginya bisa mencapai 30-70 cm. Tanaman aster ini akan tumbuh dengan optimal jika ditanam di daerah yang sejuk atau daerah dataran tinggi.

Leave a Comment