Tanaman Hias Daun Yang Cantik Dan Enak Dipandang

Tanaman hias daun adalah tanaman hias yang biasa digunakan untuk mempercantik dan menghias suatu ruangan. Atau bisa juga ditaruh di halaman, dengan beberapa jenis tanaman hias daun lainnya. Ada banyak jenis dan macam-macam tanaman hias daun yang bisa anda pilih dan taruh di rumah anda, agar rumah terlihat indah, asri dan lebih segar dengan adanya tanaman.

Tanaman hias daun merupakan suatu tanaman hias yang keindahannya terletak pada bagian daunnya. Sedangkan tanaman hias bunga adalah jenis-jenis tanaman hias yang keindahannya terletak pada bagian bunganya. Kebanyakan orang menggunakan tanaman hias untuk mempercantik ruangan, beberapa jenis tanaman hias daun indoor dapat memperindah rumah anda.

Keuntungan yang akan anda dapatkan jika memelihara tanaman daun hias adalah cara perawatannya, yang lebih mudah dibandingkan cara merawat tanaman hias bunga. Khususnya bagi beberapa contoh tanaman hias daun yang sengaja ditaruh di dalam ruangan. Tanaman hias yang satu ini memang akan lebih baik disimpan di dalam ruangan.

Jenis Tanaman Hias Daun Yang Disimpan Didalam Ruangan

Kuping Gajah

Tanaman kuping gajah adalah sejenis tanaman hias yang sangat terkenal di Indonesia, karena bentuk daunnya memang menyerupai kuping gajah. Itulah sebabnya tanaman yang nama latinnya anthurium crystallinum ini dinamakan tanaman kuping gajah. Karena bentuk daunnya yang sangat lebar seperti telinga gajah.

Ciri dari tanaman kuping gajah ini bentuk daunnya memiliki warna hijau tua, dengan urat-urat berwarna hijau keputihan. Tanaman kuping gajah ini sering dipelihara oleh para pecinta tanaman hias, karena perawatannya juga cukup mudah. Daya pikat dari tanaman hias daun kuping gajah ini memang terletak pada bentuk daunnya yang unik dan istimewa.

Suplir

Tanaman suplir ialah salah satu dari aneka tanaman hias daun yang macam dan jenisnya cukup banyak dengan beberapa varietas. Tanaman suplir yang memiliki daun yang cantik ini ukurannya kecil-kecil, tetapi mampu memberi nuansa segar jika disimpan di suatu ruangan atau halaman rumah. Tanaman ini cukup sulit dipelihara karena harus disimpan di tempat yang tidak kering.

Selain itu udara di lingkungan sekitar tanaman suplir ini hidup harus tergolong udara yang bersih. Habitat asli dari tanaman hias daun suplir ini biasanya ada di pinggiran sungai atau di dekat pepohonan yang teduh. Karena tanaman daun ini hanya memerlukan sedikit saja cahaya, dan merupakan jenis tanaman hias yang tidak memerlukan banyak air.

Aglaonema

Salah satu tanaman hias yang cukup populer di Indonesia ialah tanaman hias daun aglaonema, keunikan dari tanaman aglaonema ini terlihat dari bentuk daunnya. Bentuk daunnya oval, warnanya hijau, dan dihiasi oleh bintik-bintik dan garis yang warnanya abu-abu keperakan. Nama lain dari tanaman aglaonema ini adalah tanaman sri rezeki.

Cara menanam tanaman hias daun aglaonema ini sangatlah mudah, dan tidak memerlukan perawatan intensif apapun. Tetapi tanaman daun yang satu ini tidak memerlukan banyak cahaya dan akan lebih baik jika tumbuh di tempat yang lembap. Tanaman hias daun ini juga akan mudah layu jika ditaruh di tempat yang sangat panas atau kering.

Keladi Red Star (Caladium bicolor)

Tanaman hias daun keladi merupakan kelompok tumbuhan yang berasal daru genus caladium. Salah satu jenis daun keladi yang populer adalah keladi red star. Tanaman keladi red star ini dikenal karena kecantikan daunnya, yang terletak pada bagian urat daun yang bentuknya bintang dan memiliki warna merah cerah.

Bagian tangkai daunnya berwarna kemerahan dengan belang-belang hitam, tanaman hias ini merupakan jenis tanaman yang pertumbuhannya cepat. Asalkan media tanamnya selalu dijaga agar tetap kering, namun cara menanamnya pun terbilang cukup mudah. Tanaman ini sebaiknya disimpan di bawah sinar matahari langsung, agar warna merah pada bagian urat daunnya timbul.

Paku Tanduk Rusa

Nama tanaman hias daun yang berikutnya adalah tanaman paku tanduk rusa, yang merupakan suatu genus tumbuhan paku yang jumlahnya mencapai 18 jenis. Semua jenisnya merupakan jenis epifit, yaitu akar yang melekat di batang pohon. Tampilan dari tanaman paku tanduk rusak ini sangat unik, karena memiliki 2 tipe daun dengan fungsi dan bentuk yang berbeda.

Kedua tipe tanaman paku daun itu, diantaranya :

  1. Daunnya selalu cerah, dengan bentuk perisai tegak, akan mengering ketika kekurangan air dan fungsinya yaitu mengumpulkan dedaunan yang kering dan penangkap air agar kelembapannya selalu terjaga.
  2. Daunnya menjuntai dari pusat daun tipe yang pertama, dan bentuknya menyerupai tanduk rusa. Fungsinya yaitu untuk membawa spora yang ada di bagian sisi bawah daun.

Dieffenbachia

Deskripsi tanaman hias daun dieffenbachia ialah jenis tanaman daun yang sering ditemui di pekarangan rumah, nama lain dari tanaman hias daun dieffenbachia ini adalah daun bahagia. Tanama daun dieffenbachia ini memiliki perawatan yang mudah, tahan hidup di dalam ruangan dalam rentan waktu tertentu, dan warnanya akan cenderung gelap jika berada di dalam ruangan.

Dengan meletakkan tanaman daun dieffenbachia ini di dalam ruangan, akan mempercantik ruangan dan sekaligus dapat membersihkan udara di dalam ruangan. Jika anda menanamnya di luar ruangan misalnya halaman, maka hal itu akan membantu dalam mengurangi gas polutan yang ada di sekitar rumah.

Saka Asparagus Plumosus

Harga tanaman hias daun saka asparagus plumosus ini cukup mahal, karena saka asparagus ini termasuk ke dalam jenis tanaman hias paku yang daunnya lebat dan menyerupai bentuk jarum. Hal itu jugalah yang membuat tanaman hias ini menarik dan dihargai dengan harga yang cukup mahal. Potongan batangnya yang berdaun dapat digunakan untuk menghias rumah.

Tanaman saka asparagus ini juga mudah ditanam selama diberikan cahaya matahari sedikit saja, selain itu saka asparagus ini memerlukan lingkungan yang tidak kering dan juga lembap.

Palem Kuning

Tanaman hias palem kuning sudah menjadi jenis tanaman hias palem yang paling banyak disukai. Tanaman palem kuning ini cocok untuk dijadikan tanaman hias daun outdoor, karena sering disimpan di pekarangan rumah untuk mempercantik halaman atau pekarangan rumah. Tanaman palem kuning biasanya memiliki tinggi yang mencapai 3 m.

Tampilan dari tanaman palem kuning ini sangat indah, karena bentuk daunnya menyirip dan berwarna hijau kekuning-kuningan. Bagian pelepahnya juga berwarna kuning, warnanya yang mencolok inilah yang membuat tanaman hias palem disukai oleh para pecinta tanaman.

Zamia

Tanaman hias yang berasal dari meksiko ini sering disebut dengan tanaman hias daun dolar, yaitu tanaman hias zamia yang memiliki daun mengkilat dan tidak kering. Pola pertumbuhan tanaman hias zamia ini hampir mirip dengan pola pertumbuhan pada tanaman palem. Bentuk daun pada tanaman hias zamia ini seperti kartu dan tersusun dengan rapi.

Tekstur daunnya seperti sebuah kartu, sehingga sering disebut dengan cardboard. Tanaman ini tahan terhadap cuaca kering, jika anda ingin budidaya tanaman hias daun zamia ini anda bisa menggunakan tunas akarnya.

Calathea

Tanaman hias daun calathea merupakan tanaman hias yang berasal dari Amerika Selatan, dan sering dijadikan sebagai tanaman rumahan. Selain itu tanaman ini ialah jenis tanaman yang memiliki rimpang di bagian bawah tanah. Tanaman hias calathea ini memiliki daun-daun yang sangat indah dan menawan.

Spider Plant

Tanaman hias spider plant dikenal sebagai tanaman hias yang dapat membersihkan udara, sesuai dengan namanya tanaman hias ini sering disebut juga dengan tanaman laba-laba. Tanaman unik ini mudah ditemui di berbagai kawasan di Indonesia. jika anda menggunakan tanaman spider plant ini di dalam rumah, maka rumah akan terasa lebih segar.

Leave a Comment