Tanaman Hias Gantung Yang Cocok Di Dalam Rumah

Tanaman hias sudah menjadi salah satu kebutuhan setiap orang khususnya bagi mereka pecinta tanaman. Tanaman hias banyak dicari oleh para pecinta tanaman dengan tujuan untuk membuat rumah tampak indah, asri, dan enak dilihat. Salah satu jenis tanaman hias yang dapat anda pilih untuk memperindah rumah anda, yaitu tanaman hias gantung.

Dengan adanya tanaman hias di dalam suatu rumah, maka hal itu akan membuat kenyamanan tersendiri bagi para penghuni rumah tersebut. tanaman gantung hias biasanya merupakan model atau dekorasi, pada sebuah tanaman rumah. Tetapi kini dikategorikan sebagai tanaman hias yang bisa anda pelihara di dalam rumah atau di pekarangan.

Jadi sebenarnya aneka tanaman hias gantung adalah tanaman yang berasal dari jenis tanaman hias bunga, daun atau pun buah. Namun beberapa jenis tanaman tersebut ditanam dengan cara digantung, baik di dalam maupun di luar rumah. Tetapi tidak semua jenis tanaman hias daun, buah dan bunga bisa menjadi tanaman hias gantung.

Tanaman Hias Gantung Yang Cocok Di Dalam Rumah

Bunga Anggrek

Tanaman anggrek merupakan salah satu jenis tanaman hias terbaik yang banyak disukai dan digemari oleh para pecinta bunga. Tanaman anggrek ini akan memiliki jenis bunga yang bagus dan indah, jika tanaman tersebut mendapat dukungan yang keadaannya mirip dengan habitat aslinya. Jika dilihat dari tempat tumbuhnya, tanaman anggrek ini terbagi dalam ribuan jenis anggrek.

Jenis-jenis anggrek tersebut terbagi dalam beberapa jenis anggrek yang cukup banyak dikenal, diantaranya yaitu anggrek saprofit, anggrek epifit, anggrek terestrial, dan anggrek brassavola. Tanaman anggrek ini dapat dikategorikan ke dalam tanaman hias bunga gantung, yang dapat tumbuh tanpa menempel pada pohon atau tanaman lainnya yaitu dengan cara digantung.

Cara menanam tanaman hias gantung anggrek ini cukup mudah, yaitu dengan cara mengikat batang tanaman dengan kawat atau tali plastik yang kemudian digantung di atas teras. Atau anda bisa menggantung tanaman anggrek, menggunakan pot atau keranjang baik yang berbahan kayu atau keramik.

Pastikan di bagian bawah akarnya yang menggantung, diberi spaghnum moss hingga padat, hal ini bertujuan untuk menjaga kelembapan tanaman anggrek tersebut. agar ia bisa tumbuh dan hidup dengan baik walaupun digantung.

Lobelia

Tanaman lobelia ialah salah satu jenis tanaman hias gantung berbunga, yang bagus digantung di tempat yang terkena paparan sinar matahari secara langsung. Namun harus pada kondisi tanah yang tidak kering, tanaman lobelia ini memiliki jenis bunga yang indah dan beraneka ragam warna. Dengan warna biru muda keunguan yang biasanya lebih banyak terdapat pada bunga lobelia.

Walaupun masih ada banyak aneka ragam warna lainnya yang terdapat pada bunga lobelia tersebut, misalnya warna merah, putih, biru, atau pun pink. Bunga lobelia ini akan sangat terlihat cantik dan menarik ketika bunganya sedang tumbuh bermekaran. Perawatan bunga atau tanaman lobelia ini sangat mudah, hanya diberi air pada saat musim panas atau musim gugur saja.

Namun anda juga bisa memberi bunga atau tanaman lobelia ini, pupuk cair setiap 6 minggu sekali yang berguna untuk mempercepat pertumbuhannya. Tanaman lobelia merupakan jenis tanaman hias yang cocok disimpan di halaman atau pekarangan rumah, karena mampu menambah sensasi asri pada suatu rumah.

Beragam jenis spesies pada bunga lobelia ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda, itulah salah satu keunikan dari bunga yang indah nan cantik ini. keunikan lainnya dari bunga lobelia ini adalah bentuk kelopak bunganya. Sekilas bentuknya hampir serupa dengan binatang kupu-kupu, apalagi bunga lobelia juga memiliki aneka ragam warna yang menarik.

Geranium

Tanaman bunga geranium sudah menjadi salah satu jenis tanaman hias yang populer di Indonesia. apalagi tanaman ini juga memberikan banyak manfaat bagi manusia, tak heran jika banyak orang yang memelihara tanaman geranium tersebut. tanaman geranium ini memiliki warna bunga yang mencolok, dan memiliki warna merah yang dominan.

Tanaman hias gantung yang satu ini memang sangat cocok jika digantung di dalam ruangan. Warna merahnya yang cukup mencolok, cocok dinikmati oleh orang yang sedang stress sehingga pikiran bisa menjadi lebih tenang. Tanaman geranium ini nama latinnya ialah pelargonium, tanaman ini sering dijadikan tanaman sebagai pengusir nyamuk.

Karena bunga geranium memiliki aroma yang tidak disukai oleh nyamuk, sehingga ampuh dalam mengusir nyamuk. Tanaman geranium memiliki sekitar 200 spesies yang tersebar di seluruh negara, dengan warna bunga yang cerah dan mencolok. Harga tanaman hias gantung geranium ini di pasaran ialah sekitar, 35 ribu saja.

Tangkai daun pada tanaman geranium biasanya panjang dan warnanya gelap, waktu pencahayaan yang tepat pada tanaman hias ini adalah sekitar 6-8 jam agar bunganya dapat mekar dengan sempurna. Tanaman geranium juga sangat cocok jika dijadikan tanaman hias pot gantung, karena memiliki rupa bunga yang sangat cantik.

Begonia

Tanaman begonia merupakan salah satu tanaman hias yang mudah berbunga, tampilan bunga begonia hampir menyerupai bunga mawar. Itulah yang menjadi daya tarik bunga tersebut, sehingga banyak orang yang menyukai bunga begonia dan memelihara tanaman hiasnya untuk disimpan di dalam atau di luar ruangan.

Kini sudah ada banyak orang yang jual tanaman hias gantung, salah satunya yaitu tanaman begonia ini. Dengan harganya yang cukup beragam, membuat banyak orang tertarik untuk menaruh tanaman hias begonia ini untuk mempercantik rumah. Dengan keindahannya, tanaman begonia ini tetap cocok menjadi tanaman hias yang digantung.

Tanaman hias begonia merupakan tanaman asli dari daerah subtropis dan tropis, salah satunya Indonesia. jika anda akan merawat tanaman begonia, maka perhatikan tempat dan cara penyiramannya. Pada musim kemarau atau panas, sebaiknya tanaman begonia ditempatkan di tempat yang sedikit teduh.

Dengan adanya tanaman hias begonia di rumah anda maka halaman atau pekarangan rumah anda akan semakin cantik. Karena tanaman ini suka dengan sinar matahari, maka sebaiknya letakkan tanaman begonia di luar ruangan.

Fuchsia

Tanaman hias fuchsia berasal dari Karibia, yang merupakan semak belukar atau pohon tetapi dengan ukuran yang kecil. Pada saat berbunga tanaman hias yang satu ini memiliki bunga yang sangat cantik dan indah. Warna yang terdapat pada bunga tersebut juga cukup mencolok, sehingga membuat tanaman yang satu ini sangat diminati oleh banyak orang pecinta bunga.

Fuchsia juga bisa dijadikan tanaman hias gantung yang mampu memberikan keindahan jika ditaruh di suatu ruangan. Dalam merawat tanaman fuchsia ini sebaiknya anda memilih tempat yang sejuk agar tanaman ini tetap tumbuh maksimal. Tanaman fuchsia juga memerlukan banyak air untuk keberlangsungan hidupnya.

Secara umum tanaman hias fuchsia ini akan berbunga pada setiap musim semi akhir, dan sampai awal musim gugur. Tanaman ini akan berbunga setelah 12 minggu dari masa tanam. Namun tanaman fuchsia juga termasuk pada jenis tanaman yang dapat tumbuh sepanjang tahun. Yang dapat digunakan untuk komponen taman, atau tanaman pot dengan kategori softcase.

Leave a Comment