11+ Langkah Menanam Tomat Hidroponik Dengan Baik

Bagi beberapa orang tomat merupakan sebuah jenis sayuran yang penting, dengan banyaknya manfaat serta kegunaan dari tomat, saat ini budidaya tomat hidroponik semakin banyak dilakukan. Untuk anda yang baru memulai cara tanaman tomat yang dengan cara ini pun cukup mudah, peralatan yang digunakan sebagai media tanam pun menggunakan sebuag alat yang sangat sederhana sehingga mudah.

Tanaman Tomat Hidroponik

Jika anda ingin memulai untuk menanam sebuah tomat dengan sistem hidroponik, maka cara yang harus anda lakukan cukup mudah. Tentunya anda bisa menanam jenis tanaman ini dengan berbagai media, sehingga menghasilkan sebuah tanaman yang ditanam secara hidroponik, untuk saat ini biasanya beberapa orang memiliki banyak sekali pilihan sederhana untuk menanam tanaman tomat hodroponik ini.

Jika anda sering melihat beberapa tanaman hidroponik yang ditanam oleh petani, mungkin anda sering melihat tanaman tersebut ditanam menggunakan beberapa media. Media tanam yang sering digunakan antara lain adalah dengan menggunakan botol bekas, dalam polybag, dan menggunakan sebuah paralon, sehingga semua peralatan ini memang cukup mudah untuk ditemukan juga tidak ribet.

Penanaman tomat hidroponik ini bisa dilakukan pada semua jenis tanaman tomat, diantaranya adalah tomat cherry yang saat ini sering digunakan sebagai tanaman dengan cara menanam hidroponik ini. Beberapa sistem juga banyak digunakan salah satunya adalah dengan sistem wick, akan tetapi anda juga dapat melakukan cara tanam dengan cara lainnya sesuai dengan selera serta kebutuhan anda.

Cara Menanam Tomat Hidroponik

  • Salah satu media tanam yang saat ini banyak digunakan oleh beberapa orang antara lain dengan menanam tomat ini menggunakan polybag.
  • Anda dapat mencari peralatan untuk menanam ini dimanapun, sehingga mudah untuk dicari tidak seribet anda menggunakan media tanam lainnya.
  • Sebelum anda menggunakan polybag yang sudah dipersiapkan, pastikan jika anda telah membersihkan bagian dalam polybag. Bahkan anda dapat menggunakan media tanam lainnya yang juga prosesnya sama dengan menggunakan polybag ini, seperti penggunaan media tanam dengan menggunakan pot yang caranya hampir sama saja.
  • Jika anda ingin menanam tomat dengan cara ini, mungkin anda bisa memilih jenis tomat ceri yang saat ini banyak digunakan oleh banyak orang untuk menanam dengan cara yang satu ini.
  • Dalam tomat hidroponik ini, media tanam seperti pot dan juga polybag yang anda gunakan haruslah dilubangi terlebih dahulu sebelum diguanakan. Hal ini bertujuan agar kelembaban didalam pot tetap terjaga meskipun material yang ada didalamnya cukup padat.
  • Setelah membuat bolongan jangan lupa untuk mempersiapkan berbagai kebutuhan lainnya, seperti membuat campuran untuk isian polybag.
  • Biasanya beberapa orang akan mencampurkan tanah, pupuk, serta media lainnya, sehingga pertumbuhan dari tanaman ini dapat menjadi lebih subur.
  • Setelah mempersiapkan semua material yang ada, maka saat ini adalah waktunya anda untuk menyemai bibit
  • Untuk proses semai pada bibit bida dilakukan dengan cara apapun, salah satunya adalah dengan melakukan proses ini pada media kapas atau jenis alat lainnya.
  • Jika bibit yang sudah disemai siap untuk ditanam, anda bisa membuat lubang pada bagian tanah sedalam 0,5 centimeter saja untuk menanam bibit ini.
  • Jangan lupa untuk menyiramnya dengan rajin, kemudian memberikan cairan nutrisi sebagai salah satu kebutuhan utama dari tumbuhan ini.

Jika anda belum begitu berpengalaman dalam menanam tomat hidroponik, sebenarnya dengan mengikuti beberapa petunjuk yang sudah dibahas maka caranya pun akan menjadi lebih mudah. Saat ini anda hanya perlu mengumpulkan niat untuk memulainya, jangan pernah berfikir untuk takut akan kegagalan, menanam tomat dengan cara hidroponik ini merupakan salah satu cara penanaman termudah.

0

Leave a Reply